4 Penyebab Timbulnya Rasa Nyeri saat Menyusui Bayi

May 24, 2018

Menyusui bayi dengan rutin akan membantu Anda mendapatkan kembali tubuh yang ideal seperti sebelum masa kehamilan. Anda juga akan memberikan asupan nutrisi terbaik kepada bayi untuk tumbuh kembangnya. Jika saat menyusui Anda merasakan nyeri dan membuat proses menyusui harus terhenti maka Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya kondisi tersebut.


1.      Payudara yang Membengkak

Pembengkakan terjadi karena proses produksi ASI yang melimpah namun tidak dihisap dengan optimal oleh bayi Anda. Kondisi ini akan menyebabkan ASI menumpuk hingga terjadi pembengkakan. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memompa ASI keluar menggunakan pompa ASI atau melakukannya secara manual.

Pompa ASI bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan ibu dan bayi dengan harga diskon lebaran 2018 hingga 35%. Anda dapat memilih jenis pompa yang diinginkan yang terdiri dari dua yaitu pompa ASI manual atau pompa ASI elektrik. Pompa yang tersedia juga aman dari bahan kimia berbahaya.

2.      Posisi Bayi yang Tidak Tepat

Posisi yang tidak tepat saat menyusui akan membuat mulut bayi tidak melekat dengan tepat pada puting payudara Anda. Posisi yang tepat yaitu hidung dan dagu bayi akan menyentuh payudara Anda sehingga bayi akan mengisap dengan benar. Posisi areola atau area payudara yang berwarna cokelat pada sekitar puting akan masuk ke dalam mulut bayi.

3.      Puting yang Kering

Kondisi puting Anda yang kering dapat menyebabkan rasa sakit pada masa awal menyusui. Kulit yang kering ini akan membuat puting Anda menjadi retak sehingga mengeluarkan darah. Bersihkan putting dengan air hangat agar puting menjadi lembap karena dapat memperlancar aliran darah.

Anda juga dapat mengatasinya dengan menggunakan krim yang dioleskan pada area puting. Krim tersebut berbahan dasar lanolin yang diresapkan oleh dokter dengan pemakaian 2-3 hari yang akan mengembalikan kondisi puting menjadi normal.

4.      Terjadinya Mastitis

Kondisi payudara yang mengalami penyumbatan kelenjar payudara atau pun peradangan di salah satu bagian disebut dengan mastitis. Anda akan mengalami demam, payudara bengkak akan terasa keras dan merah. Tetap menyusui bayi Anda akan membantu meredakan peradangan dan mengeluarkan ASI dari payudara.

Mastitis akan mereda dalam beberapa hari, jika tidak maka ada infeksi yang terjadi pada payudara Anda. Segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan antibiotik dan penanganan lebih awal. Jika tidak juga membaik maka akan dilakukan abses payudara dengan melakukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan tumpukan cairan nanah pada payudara.

Rasa nyeri saat menyusui juga dapat terjadi ketika Anda mengalami menstruasi karena adanya peningkatan hormon tertentu. Anda bisa melakukan pijat atau mengompres payudara dengan menggunakan air hangat untuk meredakannya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi agar menghasilkan ASI yang berkualitas untuk tumbuh kembang anak Anda.